Fungsi dan Manfaat Formwork dalam Struktur Bangunan

Tentu anda mengetahui beton yang terdapat pada struktur bangunan rumah maupun gedung, dan apakah anda mengetahui bagaimana beton tersebut dibuat hingga membentuk pola yang sempurna sesuai dengan desain bangunan yang dibuat. Perlu anda ketahui bahwa beton – Beton tersebut dibuat dan dibentuk dengan menggunakan cetakan sementara yang disebut dengan formwork atau bekisting. 

Bagi anda yang belum paham mengenai apa itu formwork, dalam artikel ini kami akan memberikan ulasan mengenai manfaatnya, namun sebelum itu perlu anda ketahui sebagai pemahaman formwork dalam ilmu bangunan memiliki pengertian sebagai sebuah cetakan yang bersifat sementara dan digunakan untuk menahan beton selama beton tersebut dituang dan dibentuk sesuai dengan yang diinginkan. Para kontraktor lebih memilih untuk rental formwork daripada membuatnya karena lebih efisien dan juga ekonomis.

Setelah mengetahui pengertian dari formwork, barulah kita akan mengulas fungsi dari formwork atau bekisting ini, di mana bekisting sebagai penunjang konstruksi bangunan ini memiliki fungsi sebagai penahan beton sementara pada saat pengecoran ( balok, beam, lantai dak, dan lain – lainnya ). Sementara manfaat dari formwork adalah dapat membuat anda memiliki bentuk beton sesuai keinginan, karena cetakan ini dapat difungsikan untuk membuat beragam bentuk beton, selain itu formwork juga sangat bermanfaat dalam membantu para pekerja konstruksi, karena dapat mempermudah pekerjaan struktur bangunan yang dilakukan, dan juga mempercepat pembentukan beton dilakukan. Tidak perlu khawatir mengenai masalah keamanan para pekerja saat sedang mencetak beton dengan alat konstruksi yang satu ini, karena jika anda memilih bahan yang tepat pada formwork, maka keamanan pengerjaannya pun dapat terjaga dengan baik.

Untuk mendapatkan formwork atau bekisting yang menggunakan bahan – bahan berkualitas yaitu keras dan juga kuat, anda tentu harus menemukan tempat rental formwork yang dapat diandalkan. Reycom Cipta Semesta ( RCS ) dapat menjadi solusi bagi para kontraktor yang sedang mencari tempat sewa bekisting atau formwork ini, karena RCS menyediakan formwork dengan desain, ukuran, kerataan dan hal lainnya yang dapat disesuaikan dengan bentuk beton yang ingin anda cetak. Selain itu bahan – bahan yang digunakan pada formwork di RCS pun telah sesuai dengan standar keamanan yang telah ditetapkan, sehingga aman untuk para pekerja konstruksi bangunan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment