Rebung Balado


Rebung merupakan menu masakan Indonesia yang sangat familiar bagi masyarakat pedesaan. Karena di desa banyak sekali tumbuh rebung. Biasanya rebung tumbuh di semak-semak batang bambu, Anda bisa mencarinya ke pedesaan yang masih banyak menanam bambu. Rebung merupakan bahan masakan dari bambu muda yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan lezat, rebung bisa juga dibuat tumisa, sayur, maupun bumbu balado. Menu kali ini kita akan membuat rebung bumbu balado, berikut cara membuatnya:
  • Bahan-bahan:

  1. 250 gr rebung
  2. 5 Siung bawang merah
  3. 4 siung bawang putih
  4. 5 buah cabai keriting
  5. 5 buah cabai rawit
  6. 1 buah tomat
  7. 1 sdt merica
  8. 1 sdt lada hitam
  9. 1 sdt garam
  10. 1sdt gula pasir
  11. 1 sachet Royco rasa ayam
  12. Minyak untuk menumis
  13. Air matang secukupnya

  • Cara membuat:

  1. Kupas rebung, kemudian rebus kedalam air panas. Angkat dan tiriskan.
  2. Kupas bawang merah, bawang putih, kemudian haluskan bersama tomat dan cabe.
  3. Panaskan minyak, kemudin tmis bumbu sampai harum. Masukan rebung, kemudian aduk sampai semua bumbu tercampur.
  4. Tambahkan bumbu, sedikit garam, gula, merica, lada hitam. Tambahkan air secukupnya. Tutup selama kurang lebih 3 menit.
  5. Tambahkan Royco rasa ayam, kemudian aduk sampai merata. Jika air sudah mulai menyusut, angkat dan tuangkan kedalam piring saji.
  6. Rebung balado siap disajikan.

Rebung memang banyak sekali olahannya, di sayur, di tumis atau di balado. Rebung berasal dari bambu muda yang belum memiliki daun, sehingga untuk mengolahnya pun harus berusaha keras, mulai dari mencari batang bambu muda di semak-semak pohon bambu, kemudian mengupasnya, merebusnya, mengiris sampa memasaknya memerlukan waktu yang cukup lama. Namun, jika Anda ingin rebung yang sudah diolah banyak juga di jajakan di berbagai restoran tertentu atau membeli rebung mentah yang sudah di rebus dan sudah di iris, jadi Anda tinggal memasaknya. Menu masakan Indonesia dari rebung dapat Anda kreasikan kedalam berbagai masakan, sehingga bahan dasar rebung saja bisa menjadi masakan lezat dan bergizi.
Previous
Next Post »