Tips Jitu Memilih International University yang Tepat

Jumlah Fakultas Terbanyak di UI Sebagai International University
International university merupakan universitas yang berada di luar negeri. Dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bangku perkuliahan khususnya kuliah ke luar negeri merupakan harapan beberapa siswa yang telah lulus dari tingkat SMA/SMK. Masuk ke universitas luar negeri adalah langkah yang cukup besar dalam kehidupan mahasiswa.

Hal ini karena tidak sedikit hal yang harus mereka pertimbangkan, terutama dalam memilih jurusan dan universitas. Berikut ini merupakan tips yang dapat Anda bisa jadikan pertimbangan untuk memilih dan mendapatkan universitas yang tepat bagi Anda, antara lain:

1. Ijin Sponsor Universitas

Usahakan untuk memilih international university yaitu universitas yang dapat menerima mahasiswa internasional, karena hal tersebut dapat berpengaruh terhadap visa pelajar Anda. Lakukan pemeriksaan terhadap universitas yang Anda pilih. Seberapa jauh universitas pilihan Anda bisa membantu mengurus visa pelajar Anda. Hal tersebut penting dilakukan karena pemerintah setempat saat ini mulai memperketat regulasi dalam hal pemberian ijin untuk tinggal bagi mahasiswa internasional.

2. Tentukan Lokasi yang Sesuai

Lokasi adalah salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan. Hal ini karena Anda akan tinggal di daerah tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama, sehingga lokasi dapat mempengaruhi gaya hidup serta kepribadian Anda. Selain itu, Anda juga dituntut untuk cepat beradaptasi dengan tempat tinggal Anda yang baru di luar negeri. Maka dari itu, carilah lokasi atau lingkungan yang sesuai dengan kondisi Anda dan pertimbangkan juga makanan, iklim, transportasi, akomodasi, dan kebudayaan setempat.

3. Ulasan Mahasiswa

Ulasan mahasiswa adalah masukan berharga yang Anda butuhkan ketika Anda akan masuk international university. Hal ini karena ulasan-ulasan tersebut bisa memberikan gambaran kepada Anda tentang kualitas pengajaran, komunitas universitas, dan hal lainnya yang bisa jadi belum Anda fikirkan sebelumnya. Oleh karena itu, lebih baik Anda sering mengunjungi situs dari universitas yang Anda minati saat ini.

Demikian sedikit ulasan tentang tips memilih international university yang tepat bagi Anda. Semoga dengan berbagai sumber informasi dan tips yang disuguhkan dapat mempermudah Anda dalam menentukan universitas terbaik dan tepat bagi Anda.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment