Beberapa Permainan Olahraga Tradisional yang Bisa Dimainkan Bersama Anak

Hai Ayah dan Bunda, ingat tidak pemainan olahraga tradisional yang pernah Ayah dan Bunda mainkan sewaktu masih kecil? Pasti banyak permainan yang menyenangkan. Nah, kenapa sekarang Ayah dan Bunda tidak mengajak anak-anak untuk melakukan permainan-permainan olahraga tradisional tersebu? Pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk mereka.

Zaman sekarang kan, anak-anak hampir asing dengan permainan olahraga tradisional karena lebih suka memainkan permainan yang ada di gadget. Itu memang tidak salah, banyak juga permainan yang seru yang bisa dimainkan di gadget. Tetapi, banyak yang tidak bisa didapatkan dari permainan digital tersebut. Seperti halnya tentang menghargai sebuah proses, mengasah kemampuan bersosial, hingga meningkatkan kecerdasan dan kreativitas.

Dan inilah beberapa permainan-permainan olahraga tradisional yang bisa Ayah dan Bunda mainkan bersama anak-anak:
  • Tarik Tambang

Tarik tambang adalah sebuah permainan tradisional yang dimainkan hanya menggunakan seutas tali tambang. Permainan ini sudah sangat populer dan pasti sudah banyak yang tahu, dan banyak dilombakan ketika memperingati Hari Kemerdekaan. Ternyata tidak hanya hari itu saja. Permainan ini bisa dimainkan kapan saja oleh Ayah dan Bunda bersama anak-anak ataupun anggota keluarga yang lain. Bisa semakin menambah kekompakan dan mempererat hubungan antar anggota keluarga.
  • Bakiak

Ada lagi permainan yang bisa menguji kekompakan keluarga, yaitu Bakiak. Permainan ini membutuhkan kerja sama antar pemainnya. Maka dari itu, permainan ini bisa dimainkan bersama keluarga. Ayah, Bunda, dan anak-anak.
  • Balap Karung

Walaupun kedengarannya sederhana, balap karung ini bisa menjadi permainan olahraga tradisional yang bisa dimainkan bersama anak-anak. Permainan pasti akan seru. Meski cara bermainnya secara individu, tetapi tetap bisa melatih kosentrasi anak dan mengasah kecerdasannya.
  • Bermain Kasti

Permainan kasti ini ternyata bisa menjadi permainan olahraga tradisional yang bisa melatih ketangkasan anak dalam memukul bola. Permainan ini bisa dilakukan dengan membuat sebuah regu. Jika tidak cukup, Ayah dan Bunda bisa saja mengajak anak bermain kasti tanpa regu. Cukup bermain lempar dan pukul bola. Akan tetap menyenangkan dan seru.

Jadi, Ayah dan Bunda tidak perlu takut jika si kecil aktif di luar rumah. Karena banyak permainan olahraga tradisional yang bisa dilakukan bersama keluarga.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment